Minggu, 23 Januari 2011 - 14:08:38 WIB
Permaian Tradisional anak
Diposting oleh : Antonius Handoko
Kategori: Uncategori3 - Dibaca: 2675 kali

    Hari-hari minggu atau hari libur lain biasanya rumah tempat aku kos ramai dengan anak-anak. Maklum yang empunya kos mempunyai cucu yang masih kecil. Biasanya kalau hari libur atau hari minggu anak-anak sekitar kos ku berdatangan untuk bermain bersama-sama. Permainan yang mereka mainkan pun sangat berfariasi. Permainan yang mereka mainkan rata-rata adalah permainan tradisional yang sekarang ini mulai coba diangkat lagi oleh banyak orang.
Akhir-akhir ini beberapa TV swasta menayangkan acara yang menampilkan permainan-permainan tradisional anak-anak. Mungkin dari sinilah anak-anak kecil di sekitar kosku mendapatkan ispirasi. Permainan tradisional ternyata memiliki banyak manfaat bagi tumbuh kembang seorang akan.
Hal-hal positif yang bisa didapat dari permainan tradisional antara lain.
1.    Anak menjadi lebih kreatif
Permainan-permainan yang dimainkan biasanya berdasar atas persetujuan dari semua anak yang akan bermain.  Mereka dengan idenya sendiri memodifikasi permainan sesuai dengan tempat mereka bermain.
2.    Anak menjadi sportif
Permainan tradisional tidak meiliki aturan tertulis. Anak-anak membuat aturan itu dan mentaatinya. Kalau ada anak yang melanggar aturan mereka akan dianggap curag dan kalah. Dalam hal ini anak bisa berlatih untuk sportif dalam melaksanakan aturan yang telah ditetapkan bersama. Mereka juga dituntut untuk membuat dan memodifikasi permainan seturut tuntutan keadaan.
3.    Mengembangkan kecerdasan emosi dan antar personal anak.
Permainan tradisional ialah permainan yang dimainkan secara berkelompok. Ini tentu sangat beda dengan permainan game dikomputer yang dapat dimainkan sendirian. Dalam permainan itu emosi anak akan terasah, permainan itu mampu menumbuhkan empati dan simpati anak terhadap sesamanya.
4.    Mengembangkan kecerdasan kinestetik anak.
Pada umumnya, permainan tradisional mendorong para pemainnya untuk bergerak, seperti melompat, berlari, menari, berputar, dan gerakan-gerakan lainnya.
5.    Mengembangkan kecerdasan natural anak.
Banyak juga permainan yang dilakukan di alam, misalnya di sawah atau di kebun. Permainan ini membuat anak semakin dekat dengan alam dan tumbuh kecintaan terhadap alam.
6.    Melatih kepercayaan diri
Permainan yang dilakukan juga melatih anak untuk tampil di depan teman-teman mereka sendiri. Dengan belajar untuk tampil ini kepercayaan diri mereka akan terus tumbuh.

Memang banyak manfaat dari permainan tradisional ini. kadang aku juga jadi teringat akan masa kecil ku di desa dulu.






Baca juga artikel berikut:


 
  Facebook  
  66 Komentar  
  Google+