Sabtu, 14 Agustus 2010 - 10:39:08 WIB
Bahaya Monitor Terhadap Mata
Diposting oleh : eric
Kategori: Uncategori1 - Dibaca: 2520 kali


Jika kamu termasuk orang yang bekerja cukup lama di depan komputer, misalnya sampai beberapa jam, sebaiknya mulai memperhatikan kesehatan mata. Terlalu lama di depan layar komputer tanpa istirahat bisa menyebabkan mata kering loh, kemerahan atau resiko lainnya. Seorang blogger profesional, Amit Agarwal, mendapatkan tips untuk mengistirahatkan mata dengan Aturan 20-20-20. Apa itu aturan 20-20-20 ?
Tingkat kecerahan (brightness) layar monitor yang terus menerus dilihat mata bisa menyebabkan kelelahan mata sehingga mata kering dan bisa diikuti dengan mata merah ( Repetitive strain injury/RSI )
 
Untuk mengatasi permasalahan ini, aturan 20-20-20 dapat diterapkanMaksudnya, aturan ini menganjurkan setiap 20 menit bekerja di depan komputer kita harus istirahat paling tidak 20 detik dengan melihat obyek atau benda yang jaraknya sekitar 20 kaki( 20 feet = 6 meter ). Masalahnyaterkadang sebagian besar kita kan tidak sempat untuk melakukan hal itu, dan kadang kita bekerja di dalam ruangan yang tidak ada jarak sejauh 6 meter untuk mengistirahatkan mata kita.

Denger-denger sekarang ada software gratis yang membantu kita untuk mengistirahatkan mata loh. Namanya Eye Defender , katanya sih gratisan dan berjalan di Windows 98, ME, 2000, XP, Vista, Windows 7. Fungsinya, ini program akan memberikan peringatan untuk istirahat sejenak, serta memberikan Visual Training sekitar 1 menit agar mata kita bisa lebih segar. Coba deh temen-temen kalo dah ada yang nyoba kasih tau saya manfaatnya, hehehe






Baca juga artikel berikut:


 
  Facebook  
  107 Komentar  
  Google+