Kamis, 12 Agustus 2010 - 00:02:57 WIB
Jenis-jenis Madu
Diposting oleh : Antonius Handoko
Kategori: Gaya Hidup - Dibaca: 8440 kali


Rasa manis madu tentu tak asing lagi di lidah kita. Namun tahukah Anda bawa madu memiliki banyak jenisnya. Berikut ini jenis-jenis madu menurut karkteristiknya. Karakteristik madu disesuaikan dengan sumber nektarnya yaitu flora, ekstra flora, dan madu embun. Dikenal pula madu monoflora yang artinya berasil dari satu tumbuhan utama
  1. Madu alfafa, Madu yang berasal dari bunga ungu alfafa. Warnanya terang dengan wangi dan rasa yang tak terlalu menyengat
  2. Madu alpukat, Madu yang dikumpulkan dari bunga alpukat. Warnanya ge!ap dan rasanya kaya akan lemak.
  3. Madu blueberry, Madu yang diambil dari bunga putih blueberry. Warna madunya kuning kecokelatan muda dengan rasa yang enak. di dunia, madu ini diproduksi di Inggris dan Michigan.
  4. Madu clover, Madu clover memiliki rasa yang enak dan tidak terlalu tajam, berasal dari bunga clover. Warnanya bervariasi dan bening seperti air hingga kuning kecokelatan tua, tergantung lokasi dan jenis bunga clover yang menjadi sumbernya.
  5. Madu eucalyptus, Madu yang rasanya tak terlalu enak tetapi sangat bernilai karena konon dapat mengobati penyakit tuberkulosis paru. Madu ini berasal daribanyak pohon berbunga sehingga warnanya bervariasi dengan rasa yang kuat seperti obat.
  6. Madu jeruk, Seringkali madu ini merupakan kombinasi dari beberapa bunga jeruk, warnanya terang, rasanya tak terlalu tajam, dan beraroma jeruk segar.
  7. Madu cengkih, Madu yang dikumpulkan dari bunga cengkih. Warnanya kuning oranye keemasan dengan aroma dan rasa cengkih yang enak.
  8. Madu kapas, Madu dengan warna terang, aroma khas, dan rasa yang agak tawar. Madu ini mudah menggumpal menjadi partikel dan berubah warna menjadi putih.
  9. Madu sage, Madu dengan warna terang, kental, dan rasanya enak serta tidak tajam. Jenis madu ini jarang menggumpal sehingga sering dicampur dengan madu lain untuk memperlambat penggumpalan.
  10. Madu bunga bakau (mangrove), Madu ini tergolong madu hutan. di Indonesia, antara lain dapat ditemukan di propinsi Jambi dan di daerah pantai.





Baca juga artikel berikut:


 
  Facebook  
  88 Komentar  
  Google+