Minggu, 30 September 2012 - 22:52:54 WIB
Melukis dengan Cat Minyak
Diposting oleh : eric
Kategori: Seni & Hiburan - Dibaca: 14646 kali


Teman-teman yang hoby desain grafis umumnya suka gambar kan? Tak ada salahnya kita belajar melukis di atas kanvas dengan cat minyak ;) Yuk kita simak persiapan alat-alatnya:

Kuas

Bentuk kuas cat minyak umumnya bertangkai panjang dengan bulu yang umumnya tidak sehalus cat air. Bentuk bulunya menyesuaikan fungsinya, ada yang runcing, rata , bulat, miring, dan sebagainya.  Besar kecilnya bulu dibedakan berdasarkan nomer, makin besar nomernya makin besar pula ukuran kuasnya.

Palet

Palet digunakan untuk menampung dan mencampur cat minyak. Gunakan yang permukaannya tidak menyerap minyak. Pilihan warna putih kadang lebih baik untuk membedakan pencampuran warna. Pelukis tertentu ada yang lebih suka memanfaatkan kaca transparan sebagai palet, di bawah kaca tersebut diletakkan kertas putih.

Pisau Palet

Pisau palet berfungsi untuk mengaduk dan mencampur cat minyak. Namun adaa juga pelukis yang menggunakannya sebagai alat untuk melukis layaknya kuas

 

Kain Lap

Kain lap tidak wajib, tapi sangat membantu untuk mengeringkan bulu kuas yang basah setelah dicuci, atau membersihkan tangan yang terkotori oleh cat.

Tempat Pencuci Kuas

Berfungsi untuk mencuci kuas yang kotor atau merendam kuas yang belum digunakan. Gunakan wadah yang didalamnya bisa diisi minyak tanah atau terpentin.

Easel

Easel digunakan untuk mendirikan kanvas supaya sudut pandangnya sesuai dengan keinginan pelukis. Umumnya terbuat dari bahan kayu atau logam.

Cat Minyak

Cat minyak umumnya dikemas dalam bentuk tube. Ada yang jual dalam bentuk set warna maupun perwarna terpisah. Belilah cat minyak per warna supaya lebih efektif, karna tidak semua warna benar-benar dibutuhkan.

 
Minyak Cat / Pengencer

Bermanfaat untuk mencairkan cat sehingga mudah dikuaskan. Minyak cat juga dapat membuat lukisan menjadi cerah mengkilap.


Kanvas

Kanvas sebagai media utama untuk melukis terbuat dari bahan kain. Kain yang digunakan umumnya kain blacu yang sudah dilapisi plamir supaya cat minyak tidak tembus ke belakang. Supaya kanvas dapat dilukisi maka harus dibentangkan dahulu dalam spanram. Jenis kanvas siap pakai atau yang sudah dibentangkan juga banyak tersedia di toko. Coba deh klik tautan ini jika kalian ingin membeli kanvas dari toko kita. Kita sediakan berbagai model kanvas untuk kebutuhan kalian;)

Vernish

Berguna untuk melapisi lukisan yang sudah jadi supaya lebih awet dan tahan lama. Sebaiknya gunakan vernish setelah 6 bulan lukisan dianggap selesai.





Baca juga artikel berikut:


 
  Facebook  
  114 Komentar  
  Google+